3 Tips Hadapi Mantan yang Mengancam Ingin Balikan

angry-woman

Rasanya melelahkan ketika berurusan dengan mantan yang masih suka menuntut balikan. Bila hanya didiamkan, melunjak. Bila ditanggapi, menjadi-jadi. Hal yang paling menambah lelah adalah ketika mantan sudah membuat ancaman-ancaman konyol kepada kita. Seperti, “Aku akan bunuh diri kalau kamu nggak balikan sama aku,” atau “Kamu nggak akan bisa hidup tenang karena sudah ninggalin aku”.

Mantan yang ngarep ini, atau bisa dikatakan mantan yang obsesif bisa diakibatkan karena ia nggak bisa mengatasi perasaan sakit hati atau perasaan negatif dalam dirinya. Psikolog Ratih Ibrahim memberikan tips untuk menhadapi mantan seperti ini.

Bicara dengannya

Ambil waktu berdua dengannya, lalu katakan pada mantan alasan kamu nggak bisa menerima ajakan balikannya. Tentunya, mantan akan mempertanyakan alasanmu atau menyanggah yang kamu katakan nanti. Namun, jangan goyah dengan pendirianmu. Yakinlah dengan keputusan yang sudah kamu pilih. Tunjukkan sikap serius padanya.

Ratih mengatakan, “Apakah kamu sudah menyampaikan dengan jelas alasan mengapa kamu nggak bisa melanjutkan hubungan dengannya? Apabila belum, sebaiknya sampaikan dan jelaskan padanya hingga ia mendapat penyelesaian yang jelas dan dapat membenahi perasaannya sendiri.”

Bersikap Tegas

Apabila mantan masih saja bersikap posesif dan ngarep balikan, sampai-sampai mengancam hal-hal konyol, tunjukkan sikap tegasmu padanya. Katakan pada mantan untuk bisa bersikap lebih dewasa dan menerima kenyataan yang tekah terjadi di antara kalian berdua.

“Teapi, penting diketahui bahwa bukan tanggung jawab siapa pun jika seseorang ini melakukan tindakan bunuh diri,” ujar Ratih.

Menghilang dari Mantan

Cara terakhir, kamu perlu menghilang dari kehidupannya. Sebisa mungkin hindari kontak fisik apabila kalian memang berada dalam satu lingkungan. Jangan menanggapi pesan atau telepon dari mantan. unfollow/unfriend dia dari sosmedmu. Dengan begini, kamu bisa membantunya untuk move on darimu. Ketika kamu serius untuk nggak balikan dengannya, paling nggak untuk sementara jangan ada kontak di antara kalian.

Sumber:

  • http://www.kelascinta.com
Yuk komen
Mohon disebarkan...