5 Cara Membantu Pasangan Mengatasi Minder dan Insecure

gabriel-silverio-221743 (1)
Saat minder atau insecure, segalanya tentang diri sendiri tidak pernah cukup baik. Meski pasangan sudah memiliki kamu yang selalu mencintai dan mendukung dia, tetap saja rasa minder tersebut menghantui. Untuk bisa mengatasi minder, kamu perlu tahu penyebab pasangan bisa seperti itu. Menurut sebuah penelitian dari jurnal Social Psychological and Personality Science, orang minder sering menyesali usaha mereka dalam hubungan dan berakhir dikecewakan dan tidak dihargai oleh pasangannya.

Takut dikecewakan dan tidak dihargai adalah ketakutan terbesar pasangan kamu. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara mengatasi minder pasangan dengan dukungan dan apresiasi untuknya.

1. Selalu Sempatkan Waktu Untuk Quality Time

StockSnap_ZNJRGNWR3L
via Stocksnap

Quality time berarti kalian menghabiskan waktu bersama tanpa gangguan. Seperti bermain ponsel, asyik dengan kesibukan sendiri, dan lupa berinteraksi dengan satu sama lain. Manfaatkan waktu ini untuk saling memberi perhatian. Misalnya, dengan luangkan waktu setidaknya 10 menit setiap harinya untuk bertukar kabar dan saling mendengar keluh kesah satu sama lain.

Dengan begitu, pasangan akan tahu kamu benar-benar ingin bersamanya dan menghabiskan waktu dengannya. Pesan seperti ini sangat ampuh mengatasi minder pasangan.

2. Mencoba Hobi Satu Sama Lain

StockSnap_PYMB2QKITE (2)
via Stocksnap

Belum tentu kamu menyukai semua minat dan kesukaan pasangan, tetapi tidak ada salahnya mencoba minatnya sesekali. Melihat kamu mau kompromi untuknya sangatlah berarti bagi pasangan. Artinya hubungan kalian tidak berjalan sepihak saja. Siapa tahu, kamu malah ikut menyukai hobi pasangan.

3. Bersentuhan Secara Intim

fernando-brasil-97633
via Unsplash

Pada awal hubungan, kamu dan pasangan rajin bersentuhan mesra. Itulah sebabnya hormon tubuh memuncak dan membuat kalian saling jatuh cinta dan tidak sanggup berpisah dari satu sama lain. Namun, seiring berjalannya waktu, intensitas sentuhan umumnya makin berkurang pada pasangan.

Jangan lupakan pentingnya sentuhan. Sentuhan seperti pelukan, ciuman, pegangan tangan, dapat mengalirkan hormon tubuh yang membuat kalian bahagia. Jika kalian sedang tidak bertemu, rayu satu sama lain lewat chat. Bersikap spontan dan lakukan hal-hal baru bersama pasangan dapat memberikan efek yang sama. Sempatkan waktu untuk membicarakan perasaan, harapan, dan impian kalian di masa depan. Buatlah pasangan tahu dia boleh mengutarakan semua perasaannya padamu.

4. Pastikan Kamu Selalu Punya Waktu Untuk Diri Sendiri

brooke-cagle-274627 (1)
via Unsplash

Meski kamu sedang mendukung pasangan mengatasi minder, kamu tetap berhak punya waktu untuk diri sendiri. Karena lupa mengurus diri sendiri dapat menyebabkan kamu lupa diri dan mudah stres. Sempatkan waktu untuk lakukan apapun yang kamu suka tanpa kehadiran pasangan. Bukannya kamu ingin menghindar dari dia, tetapi kamu hanya butuh waktu untuk mengisi ulang energimu.

5. Selalu Tunjukkan Apresiasimu Pada Pasangan

andrew-welch-229148 (1)
via Unsplash

Minder atau tidak, semua orang pasti ingin merasa dihargai dan disayangi. Seperti yang disebut sebelumnya, orang minder sering kali tidak merasa diapresiasi oleh pasangannya. Oleh karena itu, menunjukkan kepedulian dan apresiasi pada pasangan sangat membantu dia mengatasi minder. Jangan pernah berasumsi pasangan pasti tahu kamu sudah menghargai dia tanpa mengucapkannya dengan kata-kata.

Ucapan terima kasih atau ekspresi cinta secara verbal dapat memupuk kepercayaan diri pada diri pasangan. Semakin sering dia dihargai, dia akan makin termotivasi untuk menjadi dirinya yang terbaik demi kamu dan hubungan. Jadi, jangan gengsi lagi mengucap terima kasih dan apresiasi lainnya untuk pasangan!

Memiliki pasangan minder tidak selalu menjadi akhir hubungan. Doronglah pasangan untuk selalu memperbaiki dirinya sendiri, dan jangan lupa juga sayangi dirimu. Kamu tidak akan bisa membantu pasangan menjadi dirinya yang terbaik kalau kamu belum jadi diri kamu yang terbaik.

Sumber:

  • http://www.kelascinta.com
Yuk komen
Mohon disebarkan...