Rendang Belut Mak Nun

5 Langkah Cintai Dirimu Sendiri

bigstock-young-woman-holding-happy-mask-38832853

Di dunia ini, ketika kamu pernah menemui seseorang yang selalu bahagia dan tertawa riang setaip harinya, maka ada pula orang yang selalu merasa sedih dan sepi. Pernahkah kamu menemukan orang seperti itu? Atau mungkin kamu sendiri yang selalu merasa sedih dan sepi?

Perasaan dan pikiran negatif yang ada dalam diri seakan-akan memengaruhi dunia luar secara langsung. Kamu merasa lingkungan di sekitarmu nggak ingin berteman denganmu, kamu merasa nggak pantas dicintai oleh seseorang, kamu merasa hidupmu hanyalah sebuah hal yang sia-sia. Kamu nggak akan pernah bisa merasa bahagia dalam hidupmu.

Sebenarnya, rasa bahagia itu nggaklah diciptakan atau dibawa oleh orang lain, melainkan oleh dirimu sendiri. Ketidak-bahagiaan itu bukan karena salah orang lain, melainkan kamu sendiri yang menciptakannya. Jika kamu ingin hidup bahagia, usirlah pemikiran dan perasaan negatif tersebut. Bagaimana caranya? Dengan cintai dirimu sendiri dahulu. Berikut hal-hal yang perlu kamu lakukan agar kamu bisa cintai dirimu sendiri.

Maafkan Dirimu Sendiri

Sebagian orang mulai berpikiran atau berperasaan negatif karena menyesal atas kesalahan atau kejadian di masa lalunya, seperti putus cinta atau gagal meraih suatu hal. Rasa penyesalan tersebut membuat mereka terus menyalahkan dirinya sendiri.

Berhenti menghukum dirimu sendiri. Apakah kamu pantan nggak bahagia karena gagal meraih sesuatu? Apakah kamu pantas sendirian karena putus dari seseorang? Maafkanlah dirimu sendiri atas kejadian di masa lalu. Terima kenyataan yang sudah berlalu itu. Semakin kamu menyalahkan dirimu sendiri, kesempatan untuk bahagia dan mencoba hal baru akan semakin mengecil. Maafkan dan ikhlaskan.

Belajar dari Masa Lalu untuk Masa Depan

Atas kejadian atau kesalahan di masa lalu, jadikan mereka sebagai sebuah pembelajaran. Kamu mungkin nggak bisa melupakan masa lalu yang menyedihkan itu. Tapi, jangan jadikan masa lalu sebagai penghambat masa depanmu. Renungkan apa yang kamu lewatkan, apa yang perlu kamu ubah, apa yang seharusnya kamu lakukan di masa lalu. Kemudian, jadikan hasil renunganmu itu sebagai bekal untuk masa depan agar nggak jatuh di lubang yang sama sekali lagi. Kamu bisa membuat masa depan yang lebih baik.

Bersikap Baik untuk Dirimu Sendiri

Jika kamu ingin bahagia, cintai dirimu sendiri dahulu. Ketika kamu ingin mencintai dirimu sendiri, berlakuk baiklah pada dirimu sendiri. Misalnya dengan menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, atau tersenyum untuk dirimu sendiri. Kalau kamu sudah bisa bersikap baik untuk dirimu sendiri, orang lain pun akan berlaku sama untukmu. Bersikap baik pada diri sendiri dapat membuatmu lebih nyaman dan bahagia.

Manjakan Dirimu Sendiri

Nggak ada pasangan bukan berarti kamu nggak bisa bermanja-manja. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang menyenangkan untuk me-refresh suasana hati. Mungkin kamu ingin pergi ke tempat spa dan salon? Lakukan kegiatan yang dapat membuatmu tenang dan rileks. Kamu akan merasa lebih bahagia dan bisa menikmati hidupmu. Lakukan pemanjaan diri ini seenggaknya dua-tiga minggu sekali.

Percaya Diri

Bagaimanapun keadaanmu, jadilah orang yang percaya diri. Jangan insecure dengan penampilan atau kemampuanmu. Jangan minder karena diputuskan kekasih. Jangan menunduk malu karena belum berhasil. Kamu itu hebat dan istimewa, makanya harus percaya diri. Ketika kamu berhasil membangun kepercayaan diri, orang lain pun akan melihatmu sebagai pribadi yang menyenangkan.

Cintai dirimu sendiri, maka kamu akan bahagia.

Sumber:

  • http://www.kelascinta.com
Yuk komen
Mohon disebarkan...
belajar mikrotik