Be Positive

Pyangmalion adalah seorang pemuda yang sangat mahir membuat patung. Para teman dan tetangga bukan hanya mengagumi nya karena bakat yang ia miliki, tetapi mereka juga senang kepada Pyangmalion karena sikapnya yang selalu melihat dari sisi positifnya. Ya, Pyangmalion memang senang memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang baik. Apabila lapangan di tengah kota becek, orang-orang mengomel dan menggerutu. Pyangmalion malah berkata, “Untunglah, lapangan yang lain tidak sebecek ini.”

Ketika ada seorang pembeli patung ngotot tawar menawar harga, orang-orang berbisik, “kikir betul orang itu”. Namun Pyangmalion berkata, “Mungkin orang itu perlu mengeluarkan uang untuk urusan lain yang lebih penting.” Ketika anak-anak mencuri apel di kebunnya. Pyangmalion tidak mengumpat, ia justru merasa iba, “Kasihan anak-anak itu kurang mendapatkan pendidikan dan makanan yang cukup dirumahnya.”

Itulah pola pikir Pyangmalion. Ia tidak melihat suatu keadaan dari segi negatif, melainkan dari segi positifnya. Ia tidak pernah berpikir buruk tentang orang lain, sebaliknya ia mencoba membayangkan hal-hal baik di balik perbuatan buruk orang lain.

Suatu hari Pyangmalion mengukir sebuah patung wanita. Patung itu berukuran manusia sungguhan. Ketika sudah selesai patung itu tampak benar-benar seperti wanita. Patung itu berukuran wanita sungguhan. Ketika sudah selesai , patung itu tampak benar-benar seperti manusia. Wajah patung itu tersenyum manis menawan,tubuhnya elok. Kawan-kawan Pyangmalion berkata, “Ah, sebagus-bagusnya patung itu, ia hanya patung bukan istrimu.” Namun, Pyangmalion tidak menghiraukan perkataan mereka, ia malah memperlakukan patung itu selayaknya pribadi yang hidup. Berkali-kali patung itu ditatapnya dan dibelainya. Para dewa memperhatikan sikap Pyangmalion, lalu memutuskan untuk memberi anugerah kepadanya, yaitu mengubah patung itu menjadi seorang manusia. Begitulah, Pyangmalion konon dikenang hingga kini untuk menggambarkan dampak pola pikir yang positif. Bila kita berpikir positif tentang suatu keadaan atau seseorang, seringkali hasilnya akan benar-benar menjadi positif.

Semoga bermanfaat

 

Warm regards and thank you,
Yani Sastra

Sumber:

  • http://www.beranigagal.com
Yuk komen
Mohon disebarkan...