Fitur Kid Control

Selain fitur ‘TLS-Host’ pada artikel yang lalu telah dibahas, MikroTik juga mengembangkan fitur baru yang juga dikenalkan pada v6.41, namun fungsinya bisa berjalan pada versi 6.42. Fitur tersebut adalah ‘Kid Control‘. Kemudian fungsi dari fitur ini seperti apa, secara tidak langsung kita sudah bisa menebaknya dari penamaan fiturnya sendiri.

Dengan perkembangan teknologi yang ada, khususnya perangkat-perangkat informasi yang mobile tak terlepas dari kebutuhan konektivitas ke jaringan internet. Dan penggunanya juga sudah dari kalangan umum. Bahkan anak-anak pun saat ini tidak begitu asing dengan internet, baik untuk keperluan sekolah/belajar atau sekedar untuk hiburan.

Sebagai langkah preventif atau lebih mengontrol penggunaan internet terutama pengguna anak-anak maka kita bisa menggunakan fitur ‘Kid Control‘ yang ada di MikroTik. Fitur ‘Kid Control’ sendiri pada saat artikel ini dibuat masih dalam proses pengembangan (release candidate), namun dari segi fungsinya secara garis besar lebih pada pengaturan waktu yaitu kapan boleh akses internet dan kapan koneksi internet dinonaktifkan. Dengan alternatif cara yang lain sebenarnya kita bisa membuat pengaturan firewall filter dan dikombinasikan dengan Script+Scheduler. Namun dengan fitur ‘Kid Control’ ini konfigurasi tersebut menjadi lebih mudah.

Konfigurasi

Untuk mengaktifkan fitur ‘Kid Control’ kita tidak memerlukan instalasi package khusus, seperti halnya fitur usermanager, hotspot, dll. Fiturnya sendiri bisa diakses pada menu IP –> Kid Control.

Dengan fitur ini kita bisa tentukan untuk waktu kapan internet bisa diakses berdasarkan ‘Hari’ dan ‘Jam’. Misal, pada hari Senin – Jumat boleh akses internet pada jam belajar yaitu jam 18:00 – 21:00, sedangkan Sabtu & Minggu jam 08:00 – 12:00, 18:00-21:00. Konfigurasi tersebut bisa kita lakukan pada tab ‘Kids’.

Selanjutnya kita tentukan ‘Device’ atau perangkat yang akan menggunakan pengaturan tersebut. Konfigurasinya kita lakukan di tab ‘Devices’.

Dengan dua pengaturan diatas, fungsi managemen koneksi sudah berjalan. Ketika waktu (Hari dan Jam) diluar dari yang didefinisikan diatas, secara otomatis sistem akan membuatkan rule blok pada firewall filter. Namun ketika masuk waktu dimana ‘Boleh-Akses’ maka secara otomatis pula rule filter akan dihapus oleh sistem.

*) Catatan:

Pada saat artikel ini dibuat, fitur ‘Kid-Control‘ masih dalam pengembangan. Beberapa parameter mungkin kedepannnya akan ada sedikit perbedaan dan penambahan fungsi-fungsi untuk mendukung kebutuhan tersebut.

Sumber:

  • http://www.mikrotik.co.id
Yuk komen
Mohon disebarkan...