Implementasi VLAN dengan MikroBits PICO

Sebagai sebuah produk Switch Manageable yang lengkap, MikroBits PICO juga dilengkapi fitur untuk dapat me-manage distribusi VLAN. Ada 2 metode VLAN yang dapat diterapkan pada MiroBits PICO yaitu Port Based VLAN dan Tag Based VLAN.

Untuk artikel kali ini kita akan mencoba melakukan konfigurasi VLAN pada MikroBits PICO dengan metode Tag Based VLAN.

Topologi

Dari gambar topologi diatas pada ether10 Router Utama terdapat 2 buah Vlan, yakni Vlan1 (Vlan-Id=50) dan Vlan2 (Vlan-Id=150). Kedua informasi VLAN ini akan diteruskan ke MikroBits Switch Pico dengan menghubungkan Ether10 Router ke ether9 Switch.

Pada MikroBits Pico masing-masing Vlan akan didistribusikan ke interface yang berbeda. Vlan1 (Vlan-Id=50) akan didistribusikan ke ether3 dan Vlan2 (Vlan-Id=150) akan diakses melalui ether2.

Konfigurasi Tag Based VLAN di MikroBits PICO

Remote MikroBits Pico dengan menggunakan web browser pada PC, jika lupa cara melakukan remote, silakan lihat kembali artikel Review MikroBits Pico. Pengaturan VLAN di MikroBits PICO dapat dilakukan pada menu VLAN Settings.

Secara default untuk mode VLAN di mikroBits PICO menggunakan Port Based. Untuk implementasi Tag Based VLAN kita bisa mengganti pada sub-menu VLAN Mode dengan klik tombol Change VLAN Mode. Secara otomatis VLAN Mode akan berubah ke mode Tag Based VLAN.

Konfigurasi pertama yang dilakukan adalah menentukan ‘Tag Mode‘ pada interface MikroBits PICO yang akan digunakan untuk distribusi VLAN. Seperti topologi diatas kita akan menggunakan Port 9 sebagai Tag Port (Trunk) ke Router sedangkan Port2 dan Port3 sebagai UnTag-Port (Access) untuk distribusi ke arah Client.

Untuk kebutuhan tersebut maka pada ‘Tag Mode‘ di MikroBits PICO, opsi pada Port 9 kita pilih ‘Add Tag‘, sedangkan Port2 dan Port3 kita pilih ‘Remove Tag‘. Jika sudah klik tombol ‘Update’.

Setelah kita konfigurasi di sub-menu VLAN Mode, langkah selanjutnya kita akan konfigurasi di sub-menu VLAN MemberDisini kita akan lebih banyak mengatur VID (VLAN-ID) untuk melakukan distribusi yang sesuai dengan pengaturan VLAN di Router. Terlebih dahulu kita definisikan VLAN-ID yang akan dilewatkan pada MikroBits Pico.

Seperti pada gambar topologi ada 2 VLAN-ID yang akan di teruskan yaitu VLAN 150 dan VLAN 50. Pada parameter ‘VID‘ kita tambahkan satu per satu kedua VLAN-ID tersebut. Setelah menambahkan masing-masing VLAN-ID kita juga harus melakukan konfigurasi ‘VLAN Member‘.

Vlan Member untuk VID 50

VLAN Member untuk VID 150

Dengan konfigurasi tersebut, semua perangkat yang terkoneksi ke Ether2 dan ether3 MikroBtis Pico berada pada subnet / segment IP dan juga service yang berbeda. Komunikasi antar keduanya dapat dicapai dengan Routing Layer 3.

Sumber:

  • http://www.mikrotik.co.id
Yuk komen
Mohon disebarkan...