Rendang Belut Mak Nun

Kabar Tentang Al-Aqsa

Ummu Muslim, seorang wanita asli Palestina yang saat ini tinggal di Yordania, wilayah yang terdekat dengan jalur Gaza. Semua warga Palestina yang telah keluar dari Gaza tidak akan bisa kembali.

Rabu, 1 Juli 2015, menjadi hari yang akan kukenang selamanya. Aku sudah lama menanti momen-momen untuk bertemu langsung dengan saudaraku dari Palestina. Alhamdulillah, Allah mengabulkan keinginanku itu di bulan Ramadan tahun ini. Mengingat kondisi di Palestina yang semakin menghimpit semenjak Presiden Mursi di kudeta, rasanya sangat kecil kemungkinan untuk bisa pergi ke Gaza. Lagipula siapa aku ini? hanya orang yang lemah dengan sedikit amal ibadah. Rasanya masih belum pantas menginjakkan kaki ke Gaza.

Ummu Muslim, membawa berita tentang Gaza dan semangat ukhuwah yang tidak dapat dibatasi oleh perbedaan suku, ras, dan wilayah geografis. Umat islam ibarat satu tubuh, jika salah satu anggota tubuh sakit maka yang lain ikut merasakannya.

Ummu Muslim bersama dengan seorang penerjemah, di Masjid Ar-Rahman, Kalisari.

Komplek Al-Aqsa

Dalam acara tersebut, beliau menjelaskan tentang kondisi Masjid Al-Aqsa saat ini, Masjid yang menjadi kiblat pertama ummat islam yang saat ini berada di bawah penjajahan Israel. Beliau menjelaskan tentang kekeliruan informasi yang banyak berkembang di masyarakat. Banyak orang yang memperdebatkan tentang Masjid Al-Aqsa, apakah yang berkubah kuning (Masjid Sokhroh) atau yang berkubah biru (Masjid Qibli). Menurutnya ada propaganda yang dibentuk oleh Israel agar umat islam menganggap Masji Al-Aqsa hanya kedua Masjid tersebut. Padahal yang dimaksud dengan Masjid Al-Aqsa adalah semua bangunan, taman, dan Masjid yang ada di dalam komplek Al-Aqsa.

Komplek Masjidil Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa merupakan semua bangunan dan taman yang ada di dalam komplek Masjid Al-Aqsa (berada di dalam garis merah) sumber gambar: www.boemi-islam,net.

Saat ini kondisi Masjid Al-Aqsa sangat memprihatinkan, banyak kerusakan yang ditumbulkan akibat penggalian yang dilakukan oleh Israel di bawah Masjid Al-Aqsa. Muslim Palestina, terutama pemuda dan remaja laki-laki dilarang salat di Masjid Al-Aqsa, sedangkan mereka membebaskan orang-orang Yahudi memasukinya dan berbuat sekehendak hati di Masjid Al-Aqsa.

Jewish Temple

Masjid Al-Aqsa merupakan salah satu dari tiga Masjid yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. untuk kita kunjungi. Ketiga Masjid itu adalah Masjidil Haram, Masjidil Aqsa dan Masjid Nabawi. Rasulullah juga pernah menganjurkan para sahabatnya untuk tinggal di baitul maqdis (daerah di sekitar Masjidil Aqsa). Ketika itu salah seorang sahabat bertanya pada Rasulullah Saw, “Jika suatu saat kami terusir dan mendapati kesulitan untuk menetap di tempat tinggal, maka kemanakah kami harus pergi?” Rasulullah Saw menjawab, “Maka pergilah ke baitul maqdis…”

Masjid Al-Aqsa merupakan Masjid kedua yang dibangun di bumi ini, setelah Masjidil Haram. Jarak pembangunan keduanya adalah 40 tahun.

Suatu hari Rasulullah Saw. ditanya oleh Maimunah, “Ya Rasulullah, kabarkan kepada kami tentang Masjidil Aqsa.” Rasulullah Saw. menjawab, “Datangilah Masjidil Aqsa, dan salatlah di sana.” Kemudian Rasulullah Saw. ditanya, “Lalu bagaimana jika kami tidak bisa salat di Masjidil Aqsa?” Rasulullah Saw. kembali menjawab, “Hendaklah kalian menginfakkan atau mengirimkan minyak untuk menyalakan lampu-lampu di Masjidil Aqsa. Sesungguhnya siapa yang mengirimkan minyak ke Masjidil Aqsa maka seakan-akan dia telah salat di sana.”

Menurut Ummu Muslim hadist ini merupakan isyarat dari Rasulullah Saw. bahwa kelak ummat Islam akan kesulitan untuk salat di sana dan Masjidil Aqsa akan dalam keadaan terjajah. Dan Masjid ini sangat membutuhkan pertolongan ummat islam. Perolongan orang-orang muslim terhadap Masjidil Aqsa merupakan kewajiban.

Saat ini Israel menempatkan banyak kamera, tentara laki-laki dan juga tentara perempuan di dalam Masjidl Aqsa sehingga memudahkan mereka untuk menangkap kaum muslim yang menjaga Masijidil Aqsa.

Hal yang perlu kita ketahui mengapa Israel selalu membombardir orang-orang di Gaza, karena mereka mengetahui bahwa orang-orang di Gaza memiliki cita-cita untuk membebaskan Masjidil Aqsa, dan hal itu sangat tidak diinginkan oleh Israel. Orang-orang Palestina tetep berusaha bertahan di sekitar Masjidil Aqsa dan menghadapi kekejaman Israel, mereka meminta ummat Islam di belahan bumi lain untuk mendukung dan bersama mereka agar mereka mampu bertahan.

Sesungguhnya pada hari kiamat nanti kita akan ditanya oleh Allah Swt. apa yang sudah kita lakukan untuk membebaskan Masjidil Aqsa? Dan setiap kita memiliki kewajiban untuk menolong Masjidil Aqsa dengan apa yang kita miliki. Tumbuhkan rasa cinta di hati anak-anak kita dengan Masjidil Aqsa dan kabarkan kepada mereka apa yang terjadi di sana. Semoga salah satu dari keturunan kita kelak menjadi bagian dari pembebas Masjidil Aqsa.

Salurkan donasi terbaik kita melalui:

KNRP

Rekening donasi Palestina
a.n Komnas untuk Rakyat Palestina
Rek. BSM: 701.836.2133
Rek. BCA: 760. 032. 5099
Rek. Bank Muamalat: 369.00.11111
www. knrp.org

Sumber: http://inkuhikari.blogspot.co.id

Yuk komen
Mohon disebarkan...
belajar mikrotik