Bimbingan Machiavellis Bagi Bisnis Modern

Bagian 2

Akuntan

Hanya satu orang dalam organisasimu yang harus sepenuhnya jujur, sepenuhnya terbuka, sepenuhnya blak-blakan, dan sepenuhnya mustahil korupsi: orang yang mengurusi pembukuan perusahaanmu (dan pembukuan pribadimu juga). Gajilah dia dengan baik dan sering-seringlah memberinya hadiah – cukup dengan pujian saja kalau yang lain-lain tak ada.

Jika beban kerja membutuhkan dua orang untuk menyelesaikannya, pekerjakan para asisten yang akan menyukai pekerjaannya. Jika tidak ada cukup pekerjaan untuk digarap oleh satu orang, suruhlah agar pembukuan perusahaan sering-sering diaudit.

Gelar Pekerjaan

sahoobi.comGelar pekerjaan sangat penting. Itulah sebabnya bank-bank dan agen-agen periklanan mempunyai begitu banyak vice presidents. Pelanggan-pelanggan penting ingin diladeni oleh “orang yang memegang otoritas.” Begitu pula halnya para “orang dalam” penting dalam perusahaanmu. Kadang-kadang seorang karyawan yang ambisius rela menerima kenaikan gaji kecil jika promosi itu dibarengi dengan pemberian embel-embel gelar pekerjaan. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai salah satu kekuatan dalam tawar menawar. Dunia ini hidup dari pretensi. Ikuti saja arusnya.

Gelar pekerjaan juga bisa dipakai sebagai ungkapan penghalus bagi pekerjaan kasar atau pekerjaan yang tidak disukai tetapi harus dilakukan. (Seorang pembersih selokan menjadi “pengurus sanitasi.”) Ini  mengentengkan arus keringat dan pedihnya kehinaan yang melekat pada pekerjaan-pekerjaan seperti itu.

Beberapa orang pengamat Mafia menyatakan bahwa gelar “bos segala bos” dicoret karena hal itu menciptakan perasaan dengki dan permusuhan di antara para kepala keluarga. Semua bos itu ingin sederajat; tidak seorang pun ingin menjadi bawahan; karena itulah diciptakan kebijaksanaan satu orang satu suara. Dunia ini hidup dari pretensi. Jangan lupa itu.

Kenaikan Gaji

Tetapkan suatu kebijaksanaan evaluasi tahunan di mana unjuk kerja dievaluasi berdasarkan batas persentase yang sudah ditetapkan untuk peningkatan maksimum. Jika anak buah pantas menerimanya, beri dia kenaikan gaji pada evaluasi tahunan itu.

Tentu saja kamu harus menghadiahi anak buah yang rajin, suka kerja keras, dan loyal. Jadi dalam kasus-kasus khusus seorang pekerja yang menonjol mungkin diberi kenaikan di atas maksimum, atas kebijaksanaan pribadimu sendiri. Tetapi jangan lupa membuat si pekerja tahu persis betapa murah hatinya kamu karena telah melanggar pembatasan gaji yang telah ditetapkan oleh pengendali, penyandang dana, pemegang saham, dewan komisaris, atau apa pun kekuatan-kekuatan misterius yang sebenarnya mengendalikan bisnismu.

Beberapa jenis pekerja tidak akan pernah puas, betapapun besarnya uang yang mereka peroleh. Jika 90 Mengelola Orang Lain mereka mengeluh padamu mengenai gaji yang terlalu kecil, katakan pada orang-orang ini bahwa suatu kerja paruh-waktu-sebagai tambahan dari kerja penuh-waktu mereka untukmu-bisa membantu mereka mencukupi semua kebutuhan mereka. Suruhlah mereka mendorong kesempatan kerja seperti itu, jika hal itu tidak mempengaruhi kinerja pekerjaan penuh-waktu mereka.

Kenyataannnya, Urusan Kita biasanya tidak berkeberatan menjalankan bisnis sampingan kecil-kecilan untuk menunjang penghasilan mereka, asalkan bisnis seperti itu terlebih dulu mendapatkan restu dari manajemen puncak.

 

Yuk komen
Mohon disebarkan...