Bimbingan Machiavellis Bagi Bisnis Modern

Bagian 3

Hakikat Bisnis

Bisnis Organisasi Kami adalah meraup uang. Meraup uang dengan cara apa pun yang mungkin, tidak peduli yang mana, tidak peduli apa pun. Begitu pula bisnismu, meskipun bisnismu sah.

Sebagaimana Al Capone katakan pada tahun 1926: “Aku sama persis dengan setiap orang lain. Yang kulakukan hanya memenuhi permintaan.”

Dalam dunia bisnis sah, menipu pelanggan tidak akan ditanggapi dengan kernyitan dahi selama kamu tidak ketahuan. Begitu pula membelejeti  klien, berdusta, menguras bank-bank dan koperasi simpan-pinjam, menipu janda-janda dan anak-anak mereka,  menggelapkan real estat, mengerek saham, menodongkan pinjaman lintah darat, pokoknya apa saja. Cuma: jangan sampai tertangkap.

sahoobi.comItu pula yang kami rasakan di Urusan Kami.  Kami identik dengan dunia bisnis sah dalam setiap bidang penting. Artinya, blak-blakan saja, kami adalah organisasi maling. Seperti dunia bisnis yang sah, tujuan utama kami adalah melenyapkan pesaing, menghancurkan pesaing. Jika itu ternyata mustahil, kami akan bersepakat dengan para pesaing untuk membagi pasar ke dalam monopoli-monopoli teritorial  yang terpisah, persis seperti para eksekutif di dunia bisnis legal. Sistem harga kapitalistis bekerja melalui permintaan dan penawaran dalam pasar-pasar yang kompetitif. Dengan demikian, jika kamu ingin mendongkrak harga produkmu, kamu harus berusaha melenyapkan pesaing. Ciri-ciri utama dari kekaisaran  finansial dan industrial yang dibangun oleh J.P Morgan lebih dari seabad yang lalu adalah organisasi yang ketat dan efisien dan yang terkendali dari pusat, digabungkan dengan pengembangan pembagian kepentingan di antara para pesaing, yang mengarah pada suatu sindikat yang memainkan hargaharga dan hasil. lni pula ciri-ciri utama kekaisaran Mafia yang dibangun oleh Johnny Torrio di Amerika Serikat pada dasawarsa 1930-an dan yang tumbuh berkembang hingga sekarang. Kejahatan sindikat dan kapitalisme kartel (termasuk versi praktek megakonglomerat) adalah satu benda dengan nama ganda.

Semua hal mengenaikarni dan hakikat bisnis yang sejati ini harus kamu ingat dan camkan, sebab memahami hal-hal itu akan membantumu menyingkirkan pertimbangan tentang masalah- masalah teri yang akan merintangi aksimu dalam mencapai keberhasilan. Dalam setiap organisasi, di masa damai maupun perang, kebebasan dari gelitikan hati nurani memberikan keuntungan-keuntungan besar.

Yuk komen
Mohon disebarkan...