Menjaga Persahabatan Setelah Jadian

menjaga persahabatan

Ada banyak sekali orang yang mengira bahwa persahabatan dan pacaran adalah dua sisi koin. Bila pengen punya pacar, ya harus mengorbankan persahabatan. Akibatnya banyak orang setelah jadian nggak nongkrong bareng temen-temennya dan akhirnya kehilangan semua sahabatnya. Padahal realitanya jauh sekali dari anggapan seperti itu.

Ada empat tips untuk memperlanggeng hubungan antara pacar dan sahabat-sahabat kamu. Cobain deh kalo nggak percaya.

1. Jaga Komunikasi Dengan Sahabat

Tidak hanya dengan pacar, komunikasi juga sangat penting untuk menjaga persahabatan Anda. Cukup bertanya “lagi apa?” atau “eh gimana kabar” saja sudah cukup. Lakukan secara berkala di sela-sela kesibukan Anda. Komunikasi yang terjaga akan membuat persahabatan Anda jauh lebih kekal. Bila Anda terbiasa untuk curhat dengannya, jaga kebiasaan tersebut. Apapun kebiasaan yang Anda miliki bersama sahabat sebelum Anda punya pacar, jaga kebiasaan tersebut dan jangan tinggalkan.

2. Kenalkan

Kenalkan sang sahabat dengan si pacar untuk menghindari pertengkaran yang tidak perlu. Dengan mengenalkan, maka resiko kesalahpahaman dengan si pacar akan dapat diminimalisir. Di lain pihak itu juga akan membuat Anda dan sahabat jadi lebih bebas berkomunikasi saat nongkrong bareng pacar. Pertengkaran biasanya terjadi karena kesalahpahaman yang muncul karena pacar tidak mengenal sahabat dengan baik atau sebaliknya.

Nah yang sering terjadi, pacar dan sahabat malah dipisah-pisahkan. Mungkin minder & insecuretakut pacar naksir sahabat atau sahabat nikung pacar. Itu adalah pikiran yang bodoh sekali. Bila takut pacar naksir sahabat, orang seperti itu kenapa dipacarin. Bila takut sahabat naksir pacar, orang seperti itu kenapa dijadikan sahabat.

3. Jaga Rutinitas Persahabatan

Ada empat hari sabtu dan empat hari minggu dalam satu bulan, berarti Anda punya delapan hari libur dalam satu bulan. Gunakan paling tidak dua atau tiga dari delapan hari tersebut untuk pergi hang out bersama sahabat Anda. Apakah itu shopping, nonton, atau cuma sekedar ngopi-ngopi di cafe. Ingat, seperti yang dibilang di point pertama,  apapun kebiasaan yang Anda miliki bersama sahabat sebelum Anda punya pacar, jaga kebiasaan tersebut dan jangan tinggalkan.

Didik pasangan Anda untuk menghormati kebiasaan yang Anda dan sahabat sudah miliki sebelum pacar hadir. Dia tidak berhak untuk mengganggu gugat persahabatan Anda, sama seperti Anda tidak akan mengganggu gugat persahabatannya.

4. Ajak Double Date

Jika sahabat Anda sudah memiliki pasangan, ajak untuk double date. Jadi pacar Anda dan pacar sahabat saling kenal dan bisa ikut bergabung dalam kelompok persahabatan kalian. Jika sahabat Anda masih single, ajak teman Anda yang single ataupun minta pacar Anda membawa salah satu temannya yang juga single. Bantu sang sahabat untuk mendapatkan pasangan. Jika mereka berhasil jadian, maka persahabatan Anda akan jadi berlipat-lipat lebih akrab karena dia berhutang budi pada Anda.

Dan bagian terbaiknya, kalian semua bisa nongkrong bersama dengan nyaman! Anda ngobrol bersama sahabat, pasangan ngobrol bersama pasangan sahabat Anda (yang memang temannya).

Status pacaran jelas bukan merupakan alasan untuk meninggalkan sahabat. Walau sudah ada satu orang (baru) yang spesial, bukan berarti Anda membuang semua orang (lama) spesial lainnya yang sudah lebih dulu hadir dan terbukti setia di dalam hidup Anda.

Sumber:

  • http://www.kelascinta.com
Yuk komen
Mohon disebarkan...