Rendang Belut Mak Nun

Ternyata Lagu Galau dapat Membuat Hati Lebih Tenang, Loh

A teenage girl listening to music
Kalau lagi sedih, biasanya seseorang akan mengurung diri di kamar dan mendengarkan lagu-lagu melow nan galau. Orang yang sedih sepertinya memang otomatis menyetel lagu seperti ini, meskipun ada sebagian orang yang menyetel lagu ceria untuk menaikkan mood mereka. Namun, menurut sebuah penelitian, mendengarkan lagu galau dapat membantu memperbaiki kondisi emosional seseorang. Lagu melow galau akan membuat mereka merasa tenang dan membangkitkan nostalgia. Jadi, saat mendengarkan musik jenis ini, seseorang akan merasakan lebih dari tiga jenis emosi yang akan memicu reaksi lebih kompleks ketimbang mendengarkan musik pop yang ceria.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Liila Taruffi dan Stefan Koelsch, peneliti khusus musik dan otak dari Free University di Berlin. Mereka melibatkan 722 responden untuk memahami sesering apa mereka mendengarkan lagu sedih dan perasaan apa yang dialami saat mendengarkan lagu itu.

Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Plos One itu mengungkapkan bahwa pada sebagian besar responden yang mendengarkan lagu galau ternyata memiliki efek positif. Peneliti menemukan bahwa musik melankolis memegang peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental. Lagu galau dapat menjadi penghibur di kala sedih yang mengubah emosi dan mood negatif menjadi lebih baik.

Penelitian ini juga menyebutkan berbagai macam emosi yang muncul dalam diri seseorang ketika mendengarkan musik dan lagu sedih, yakni imajinasi, kemampuan mengatur emosi, empati, dan nostalgia. Yang mengejutkan, emosi yang paling sering muncul adalah nostalgia, bukan rasa sedih. Responden yang berasal dari Eropa dan Amerika Serikat lebih merasakan emosi tersebut. Sedangkan responden Asia paling banyak merasakan kedamaian.

Hasil penelitian ini menjelaskan alasan seseorang lebih memilih musik sedih saat kesepian atau merasa sedih ketimbang mendengarkan musik yang ceria. Selain dapat menghilangkan mood negatif dan membuat hati lebih tenang, musik melankolis dapat menstimulasi seseorang untuk mengekspresikan emosi mereka yang sebenarnya sehingga perasaan pun menjadi lega.

Menurut sebagian besar responden, lagu melankolis yang dapat menghilangkan kesedihan adalah yang bertempo lambat. Musik melankolis seperti apa yang efektif menghilangkan kesedihan? Sebagian besar partisipan mendengarkan musik sedih yang bertempo lambat.

Musik sedih bisa memperbaiki mood, tetapi nggak hanya itu. Mendengarkan musik sendiri dapat mengurangi rasa sakit, loh. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian di University of Alberta. Peneliti disana menemukan bahwa pasien anak yang disuntik sembari mendengarkan musik mengalami rasa sakit yang berkurang setelah diinfus. Sedangkan hal ini nggak dirasakan oleh anak yang disuntik tanpa mendengarkan musik.

Hebatnya kekuatan musik, ya. Kalau kalian senang mendengarkan musik apa? Adakah lagu favorit yang didengar khusus saat merasa galau?

Sumber:

  • http://www.kelascinta.com
Yuk komen
Mohon disebarkan...
belajar mikrotik